Kamus Blogger

Diposting oleh ilhamzaf on Jumat, 11 Mei 2012

Kamus adalah sejenis buku rujukan yang menerangkan makna kata-kata. yang berfungsi untuk membantu seseorang mengenal perkataan baru. Selain menerangkan maksud kata, kamus juga mungkin mempunyai pedoman sebutan, asal-usul (etimologi) sesuatu perkataan dan juga contoh penggunaan bagi sesuatu perkataan. Untuk memperjelas kadang kala terdapat juga ilustrasi didalam kamus.
Pada kesempatan kali ini kemesuh ingin berbagi sedikit pengetahuan  kamus untuk para blogger :

A-List : sebutan daftar blogger-blogger yang memiliki blog dengan traffic
relatif tinggi dan banyak di kenal di dunia blogging.

Adsense : jaringan periklanan online yang paling terkenal di internet.
adsense dimiliki oleh google & memberikan kesempatan kepada para blogger
untuk melakukan monetisasi blognya dengan menampilkan iklan kontektual di blog mereka

Adwords : kebalikan dari adsense. adwords memungkinkan perusahaan atau individu untuk memasang
iklan dan mempromosikan produk, jasa atau situs mereka berdasarkan perhitungan
cost per click (CPC).

Affilliate marketing : disebut juga affillasi, adalah sebuah cara yang sangat populer
untuk mendapatkan uang dari internet dimana seorang pemilik program affillasi memberi
kesempatan orang lain untuk memasarkan produk atau jasanya dengan imbalan sejumlah komisi.

Akismet : plugin filter spam untuk blog berplatform wordpress yang sangat populer

Alexa :sebuah perusahaan online (milik amazon.com) yang memantau traffic semua situs yang ada di internet

Anchor Text : Teks yang digunakan untuk Back link.

Atom : sebuah format sindikasi feed yang dikembangkan sebagai alternatif RSS.

Automattic : perusahaan yang didirikan oleh matt mullenweg dan bertanggung jawab terhadap pengembangan wordpress

BackLink: Hiperlink yang tampil di blog atau situs lain dan menaut pada
halaman utama atau halaman lain dalam suatu blog atau situs.

Blackhat : gabungan teknk SEO dan online marketing yang sering sekali tidak etis dan bahkan kadang ilegal dengan tujuan tertentu.

Blog : Suatu jenis situs dimana sang pemiliknya mempublikasikan pikiran, ide atau pengetahuaan mengenai topik tertentu.

Blog Carnival : sebuah event ketika para blogger berkumpul untuk membuat sebuah koleksi artikel mengenai sebuah topik tertentu.

Blogger : Seseorang yang memiliki blog.

Blogging : Aktivitas menulis sesuatu di dalam blog.

BlogLines : Salah satu RSS feed Reader Yang Paling Populer.

BlogosSphere : Istilah yang dipergunakan untuk menjelaskan dunia yang diciptakan oleh jejaring blog.

Blogroll : fitur blog yang sangat populer yang memungkinkan pemilik blog menampilkan daftar blog-blog lain yang direkomendasikannya.

Blog Walking : salah satu kegiatan yang wajib dilakukan blogger, khususnya blogger pemula, ke blog sesama blogger. Dalam kegiatan ini biasanya blogger akan meninggalkan pesan di buku tamu yang disediakan oleh si pemilik blog, bahwa dia sudah mengunjungi blog tersebut.

Comments : Hampir semua platform blog memungkinkan pembacanya untuk memberikan komentar dan meninggalkan feedback di halaman posting artikel sebuah blog.

Comment Spam : Komentar yang ditulis semata-mata untuk mendapatkan Backlink dan diharapkan akan memberikan aliran traffic pengunjung ke blog
pihak yang menuliskan komentar spam tersebut.

Compete : perusahaan analis web, seperti halnya alexa, yang memantau dan memperkirakan jumlah traffic situs atau blog.

CPC : Sinkatan dari  COst-Per-Click, dan ia mempresentasikan suatu bentuk online adsvertising dimana si pengiklan (advertiser)
memberikan sejumlah uang kepada setiap pengunjung yang mengeklik iklannya dan mengunjungi situs/ halaman penjualan produknya.

CPM : Singkatan dari COst-per-mille, dimana mille berarti 1000 dalam bahasa latin.

CSS : Sinkatan dari cascading style sheets, dan merupakan bahasa pemrograman yang dipergunakan untuk membuat halaman web yang di tulis dengan kode HTML atau XHTML.

Digg : Situs sosial Bookmarking paling terkenal didunia.

Domain : juga dikenal sebagi nama domain atau nama hosting domain, adalah nama situs atau blog yang tercatat di dalam dunia internet.

Duplicate content : konten hasil duplikasi (biasanya berupa texs/artikel) dalam sebuah situs atau blog.

favicon : kependekan dari " Favorite Icon" adalah sebuah ikon yang diasosiasikan dengan sebuah logo sebuah situs atau blog dan akan muncul pada bagian browser atau bagian bookmark.

Feed : Disebut juga feed web atau feed news, adalah sebuah format data yang digunakan di dunia internet untuk memudahkan penggunaanya mendapatkan update artikel dari situs  atau blog favoritnya.

Feed Count : biasanya merujuk pada widget dan feedBurner yang berfungsi memberikan laporan jumlah pelanggan RSS pada suatu situs atau blog.

FeedBurner : sebuah perusahaan online milik google yang menyediakan layanan RSS Feed.

FTP : singkatan dari file transfer protocol. merupakan protokol jaringan yang digunakan untuk mentransfer data dari komputer satu ke komputer lain.

Gadget : feature/ aplikasi bawaan dari blogger/ penyedia website dengan fungsi bervariasi sesuai dengan gadget tersebut, misalnya gadget followers, gadget HTML/ Java Script untuk memasukkan java script, gadget About Me, gadget Popular Post, dsb

Google Analytics : sebuah layanan gratis dari google yang memberi pemilik situs sejumlah informasi dan data statistik mengenai jumlah traffic dan pengunjung  situsnya.

Google Reader :Rss reader paling populer didunia internet.

Hotlinking : Juga dikenal dengan sebutan tautan inline dan pencuri bndwith, hotlinking merujuk pada praktek-praktek menggunakan obyek tertentu(seringkali berupa gambar) dari satu situs kedalam xitus yang lain.


Keyword : kata kunci

Kontes SEO : sebuah kontes blog yang menilai pemenangnya dari baik tidaknya posisi artikel di SEO dan SERP. 


Linkbalt : segala macam konten (artikel, tools, kuis, video, gambar)
yang dibuat bertujaun untuk menarik link ke situs yang bersangkutan.

movable type : sofware blogging yang diciptakan oleh sixApart.

Meta Tags :adalah kode-kode HTML yang ada pada bagian halaman  sebuah situs.

Newbie atau Bloger Newbie : blogger baru atau blogger pemula

Niche : dalam jargon dunia internet, niche merujuk kepada sebuah topik atau subyek tertentu.

Nofollow : juga disebut tag nofollow adalah sebuah tag yang disisipkan dalam kode link  yang berfungsi untuk memerintahkan robot mesin pencari agar mereka tidak mengikuti link bersangkutan dan karenanya tidak menganggap sebagi link yang sesungguhnya.

PageRank atau Google PageRank adalah sebuag sistem metrik yang digunakan oleh google untuk menilai tingkat kepercayaan sebauh situs.

Page Views :juga biasa disebut impresi. adalah alat penghitung pengunjung yang melihat situs kita

PHP : singkatan dari Programming hypertext processor adalah sebuah bahasa pemrogramana
yang didesain untuk menciptakan halaman web bergerak.

Pillar Article : sebuah istilah pertama kali yang diciptakan oleh yaro starak, untuk merujuk sebuah artikel panjang dan terstruktur , berisi informasi atau sumber rujukan yang bermanfaat , yang dipublikasikan diblog.

Ping : Sebuah tool jaringan komputer yang digunakan untuk menguji apakah sebuah komputer atau hosting bisa di buka di internet.

PingBack : sebuah tool jaringan yang digunakan untuk memberitahu sebuah situs ketika seorang menautkan Link atau merujuk kepada situs tersebut.

Plingg : Sebuah software open source yang memungkinkan penggunanya untuk membuat situs sosial bookmarking disitusnya.


Posting : nama lain dari artikel yang kita tampilkan di blog atau website tertentu.


Publisher : istilah untuk blogger yang menerbitkan iklan dari advertiser ( pemasang iklan ), jadi publisher bisa disebut sebagai kebalikan dari advertiser.


Pro Blogger : Sebutan untuk seorang blogger profesional  yang mendapatkan penghasilan melalui blog dan hidup dari income yang ia terima  dari aktivitas blogging.

RSS : Singkatan dari really simple syndication. Rss Adalah suatu format yang digunakan untuk mengirimkan informasi dari sebuah situs dan halaman situs yang di-update secara berkala.

Scaraper : seorang yang menyalin konten dari sumber lain (baik situs ataupun blog) dan mempublikasikannya di blognya sendiri, dengan tanpa memberikan kredit link, dan tanpa meminta izin kepada penulis aslinnya.

Spolog : Blog yang hanya digunakan untuk mempublikasikan  konten-konten spam.

SEO : singkatan Dari Search engine optmization. seo mencakup sejumlah aktivitas yang ditunjukan untuk meningkatkan ranking sebuah situs dihalaman hasil pencarian search engine (terutama google).

SERP : Singkatan dari search engine results page. ketika anda mencari kata kunci melalui google search engine, anda akan mendapatkan halaman 10 hasil pencarian yang sesuai dengan kata kunci yang anda cari. itulah yang disebut SERP

Social Bookmarking : disebut juga socail aggregators atau community bookmarking. Social Bookmarking adalah situs yang memungkinkan pengunannya untuk menemukan, mengirimkan menyebarluaskan  dan memberikan vote terhadap sebuah artikel dari internet.

Social Media : sebuah istilah umum yang digunakan untuk mendefinisikan situs  dan aplikasi web dimana terdapat unsur interaksi sosial didalamnya.

Social Network : situs jejaring sosial seperti facebook, dan twitter. Saat ini facebook merupakan salah satu traffic source atau sumber traffic.

StumbleUpon : situs sosial Bookmarking populer yang bertujaun memampukan para penggunanya untuk menemukan situs-situs baru dan menarik.

Subscriber : pengunjung situs atau blog yang berlangganan RSS feed sebuah situs ataupun berlangganan melalui e-mail.

Tag : tag digunakan untuk mengklarifikasi sebuah artikel ataupun konten dalam sebuah situs.

Tachnorati : layanan mesin pencari blog , yang memberikan informasi tracking blog, tautan link dan posting dari seluruh dunia.

Text Link Ads : suatu bentuk layanan periklanan online dimana si pemasang iklan membeli sebuah link di situs lain dengan teks yang ia pilih sendiri dan biasanya tanpa tag nofollow.

Trackback : sebuah tool networking, hampir sama dengan pingback, yang digunakan untuk memberi informasi kepada sebuah situs ketika seseorang menautkan link ke situs tersebut.

Unique Visitor : adalah jumlah pengunjung yang masuk kesebuah situs atua blog dalam jangka waktu tertentu

Viral Content : konten yang menyebar dengan cepat di dunia internet, dalam kehidupan nyata.

Widget  : sejenis feature/ aplikasi yang biasanya diperoleh blogger dari website penyedia aplikasi tertentu, dengan fungsi yang bervariasi, contoh widget buku tamu, widget pengamat traffic ( feedjit ), widget peta, dll


WordPress : Software blogging paling populer di dunia internet , yang diciptakan oleh sebuah perusahaan  Automattic.

WOrdPress Plugin : kode-kode khusus yang dibuat dengan tujuan untuk mengembangkan kemampuan sebuah software dalam hal ini adalah WOrdpress.

XML
Kependekan dari Extensible Markup Language, yaitu sebuah format teks sederhana dan sangat fleksibel yang diturunkan dari SGML, dan digunakan untuk memudahkan sindikasi informasi dengan menggunakan teknologi RSS.

Semoga kamus blogger ini bisa membantu & berguna bagi  para pembaca dan dapat menambah wawasan dalam dunia blogger

enjoy  ^_^

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar